Bacaan Niat Puasa Senin Dan Kamis Beserta Doa Buka Puasanya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Senin Dan Kamis Beserta Doa Buka Puasanya.Dalam artikel yang kami susun di blog ini adalah pentingnya kita melakukan amalan tata cara niat puasa dan niat berbuka senin kamis tidak sahur untuk jodoh, hajat, niat puasa senin kamis dan puasa ganti, waktu sahur puasa senin kamiskita melakukan amalan sesuai dengan hadist Nabi kita muhammad Saw beserta perkataan dari pada ulama sheh imam Annawawi dan sheh imam Abu bakar add-dymiathi As-ssafii.memberikan penjelasan tentang niat.

Pentingnya kita melakukan puasa senin kamis merupakan amalan yang sangat di biasakan dengan cara amalan Nabi kita muhammad Saw.beliau gemar melakukan amalan puasa senin kamis karena ada hikmah dah pahala yang besar bagi orang yang gemar malakukan puasa senin kamis.selain kami membahas tentang puasa senin kamis maka kami berikan dulu bahasan tentang niat puasanya.

Niat adalah kunci utama dalam beramal sehingga kita tidak lupa untuk mengucapkan niat dalam hati walaupun tampa di barengi dengan ucapan di mulut.Niat untuk melakukan puasa yang wajib dan yang sunnah ada perbedaan.kalau puasa wajib (Ramadhan) niat puasanya di malam hari sampai terbit fajar (imsyak) lewat dari imsyak itu masuk puasa sunnah.

Tata Cara Niat Puasa Senin Dan Kamis Beserta Doa Berbuka Puasa

Berikut hadist yang meriwayatkan dan menguatkan niat puasa senin kamis sunnah bisa di pagi hari setelah terbit fajar ,Nabi muhammad Saw pada saat itu beliau masuk rumah dengan maksud untuk makan  namun sebelum beliau mendapati makananya didalam Rumah, maka beliau bertanya dulu kepada istrinya Siti Aisyah..Dalam hadits diriwayatkan dari ‘Aisyah r.a. berkata :

كان رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- إِذا دخل عليَّ قال : هل عندكم طعام؟ فإذا قلنا : لا ، قال : إني صائم

Artinya: “Ketika Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- masuk kepadaku dan bertanya : apakah engkau memiliki makanan? aku berkata : tidak, beliau berkata : berarti aku puasa.” (HR Abu Daud)

Perkataan niat dalam hati seperti di kuatkan dalam perkataan sheh imam nawawi sebegai berikut.

لا يصح الصوم إلا بالنية ومحلها القلب ولا يشترط النطق بلا خلاف


“Tidak sah puasa kecuali dengan niat, dan tempatnya adalah hati. Dan tidak disyaratkan harus diucapkan, tanpa ada perselisihan ulama…” (Raudhah at-Thalibin, 1:268)

Dalam kitab I’anatut Thalibin –salah satu buku rujukan bagi syafiiyah, Imam Abu Bakr ad-Dimyathi As-Syafii juga menegaskan :

أن النية في القلب لا باللفظ، فتكلف اللفظ أمر لا يحتاج إليه


“Sesungguhnya niat itu di hati bukan dengan diucapkan. Memaksakan diri dengan mengucapkan niat, termasuk perbuatan yang tidak butuh dilakukan.” (I’anatut Thalibin, 1:65).

Berikut hadist Nabi muhammad saw tentang perkataan niat beliau bersabda:

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.

رواه إماما المحدثين أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبة البخاري وأبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري في صحيحيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة


Artinya:

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, dia berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallahu`alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatan,tergantung niatnya, Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Barang siapa yang hijrahnya,berniat karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka niat hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa yang niat hijrahnya karena menginginkan kehidupan yang layak di dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka niat hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.

Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaaburi di dalam dua kitab Shahih, yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang.

Pentingnya kita melakukan amalan puasa senin kamis ini merupakan cara amalan Nabi kita Muhammad Saw. beliau sangat menggemari amalan berpuasa hari senin dan kamis karena pada hari senin dan hari kamis adalah hari di bukakan pintu sorga untuk orang yang melakukan amal kebaikan pada hari senin dan hari kamis.

BACAAN NIAT PUASA SENIN DAN KAMIS

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya :
Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :
Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Doa berbuka puasa senin kamis dalam bahasa Arab dan latin.

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ


Allaahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.

Artinya :
Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah dan pahala telah tetap insya Allah Ta’ala

Dalam hadits diriwayatkan dari ‘Aisyah r.a. berkata :

كان رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- إِذا دخل عليَّ قال : هل عندكم طعام؟ فإذا قلنا : لا ، قال : إني صائم


Artinya: “Ketika Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- masuk kepadaku dan bertanya : apakah engkau memiliki makanan? aku berkata : tidak, beliau berkata : berarti aku puasa.” (HR Abu Daud)

KEUTAMAAN DAN FADHILAH PUASA SENIN KAMIS

Keutamaan melaksanakan puasa Senin dan Kamis banyak sekali hikmah dan besar berkahnya bagi yang mau melakukan puasa senin dan kamis,Berikut ini merupakan dalil keutamaan berpuasa Senin dan Kamis serta puasa sunnah lainnya. Rasulullah saw. bersabda:

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد


Artinya: Artinya : “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس


Artinya: Artinya : “Dari ‘Aisyah -radhiallahu ‘anha- : bahwa Nabi -sholallahu ‘alaihi wasallam- sering melakukan puasa senin dan kamis.” (HR Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan An-Nasai)

Maksud dari beberapa pintu surga dibuka pada dua hari tersebut; Senin dan Kamis, yaitu di saat inilah setiap orang-orang Mukmin diampuni, kecuali dua orang Mukmin yang sedang bermusuhan. Dalil yang menguatkan hal ini adalah hadits yang termaktub dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Dari aspek kejiwaan,sosial serta kesehatan,berpuasa itu memiliki beberapa manfaat diantaranya secara kejiwaan,puasa membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kuat di dalam diri. Inilah hikmah puasa yang paling utama. Allah berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Al-Baqarah: 183)

Demikian bahasan yang kami susun tentang pentingnya puasa senin kamis sebagai cara amalan Nabi kita Muhammad Saw.Untuk artikel terkait kami bahas juga susunan pentingnya kita melakukan amal sholeh yaitu  niat puasa arfah tarwiyah.semoga tulisan yang kami susun di atas bermanfaat bagi anda yang mau melakukan puasa sunnah senin dan kamis.

Advertisement